22.52
0
Intisari materi ini diambil dari buku E-Myth, karangan Michael Gerber.Materi dimodivikasi dengan gaya bahasa yang lebih mudah dansederhanaserta contoh-contoh ala juragan.

Michael Gerber melakukan survei dari 1 juta UKM di US. Berikut datanya...
40% Bisnis jatuh (tutupdi tahun ke 2;
80% jatuh di tahun ke 5;
96% jatuh di tahun ke 10;
Hanya 4% yang mampu bertahanKenapa?

Sebelum menjawabmari kita kenali 3 elemen bisnis dalam diri kita:TEKNISIMANAJERENTREPRENEUR.

1. TEKNISI (T), "hidup di masa SEKARANG", seperti koki di RM, montir dibengkelbanci di salon. Tanpa T, bisnis tak jalan!
2. MANAJER (M), "hidup di masa LALU", menganalisa data-data ataulaporanguna melakukan efisiensi dan menyelesaikan masalah.
3. ENTREPRENEUR (E), "hidup di masa DEPAN", melihat dan mencaripeluangmerencanakanberkreasiinovasipemimpi!

Ketiga elemen itu ada dalam diri kita sebagai seorang pebisnishanyasaja prosentasinya berbeda-beda. Awal berbisnismungkin komposisinyaT=70%, M=20%, E=10%Bacalah kisah berikut ini...

Joko adalah seorang montir. Karena keahliannya memperbaiki motor, Jokomembuka bengkel motor JOKO MOTOR. Apa yang terjadi jika Joko tetapmempertahankan komposisi ituApalagi NAMA Joko adalah MEREK daribengkel tersebut.

Awalnya mungkin Joko bangga karena pelanggan sangat (dan hanya)percaya pada Joko. Jika Joko sakitpelanggan memilih menunggu.Awalnya mungkin Joko enjoy-enjoy sajanamun setelah 1-2 tahunmulaikejenuhan itu datangBengkel itu adalah JokoJoko sakitbengkel sakit.Tak selesai disitukarena terlalu bangga dengan kemampuan teknisJokojadi lupa tentang 'servis'. Tempat tak nyamanlayanan buruk.

Mulailah tetangga samping membuka bengkel serupa. Montirnya mungkintak sehebat Jokonamun saat Joko sakitsaatnya mereka menyusup.Ternyata not bad juga tuhapalagi servisnya lebih bagusruangan aircon,teh atau kopi gratis. Mulailah pelanggan berpaling.

Joko merasa kebakaran jenggot, "Kurang ajar bengkel sebelahnyerobotpelangganku!". Kafilah tetap berlalu... Sementara Joko masih pede(campur sombongmenepuk dada, "Gak ada montir sebagus gue nih...".Insyaf bro...! Tak berapa lama, bengkel tetangga membuka cabang ditempat lain, lebih besarlebih nyamanlebih komplit alat-alatnya!Branding adalah keterlihatanmakin banyak cabangmakin terlihat.Sementara bengkel Joko hanya 1, tetap kumuh dan arogan.  Bengkel Jokotanya ke orang 'pinter', katanya ditutupi 'makhluk halus'. Ehh... percayajugaKemenyan dan sesajipun tetap tidak mempan.

tahun 9 bulan 10 hari, TUTUP dehDasar nasib Teknisi...

Itulah balada Teknisi yang selalu menepuk dada, tak maumentransformasi dirinya. Harusnya bagaimana?

Jika Anda mau terhindar dari tragedi teknisiAnda harus mentransformasidiri Anda dari T ke M dan kemudian ke E!

Tidak ada patokan akurat berapa lama harus bertahan di posisi T sebelumpindah ke posisi M dan E. Tergantung titik awal masing-masing orang.Untuk pemulausahakan sebelum 2 tahun sudah mulai mengurangi porsidi T dan mulai beralih ke M. Buatlah sistem!

Faktor penghambat seseorang pindah dari T ke M atau E adalah EGO,karena merasa tidak ada sepandai dirinya. "Tak ada yang bisa membuatmasakan seperti punyaku". Come on sispesawat terbang saja sudah bisadibuatapalagi sekedar pindang!

Jika dulu Anda berucap, "Kalo gak ada AKU, gak jalan"...

Saatnya berucap,"Kalau gak ada KAMU, gak jalan" --> sambil menepukbahu Teknisi kitaItulah tahap Manajer

Kalau Entrepreneur? "Aku gak mau tahupokoknya harus jalan!" he hehe....

Katakanlah di tahun kedua Anda bisa transformasi menjadi 20%T, 50%M, 30%Eitu sudah bagus... Caranya? Mulai ikuti trainingmanajemendelegasikan pekerjaan teknis kepada bawahan Anda yangteknisi.

Di tahun ke 3, 0%T, 20%M, 80%Ekerja Anda bermain golf, ikutpameranasosiasi, training, membaca tren melalui majalahnetworking.

Sekali lagitak ada patokan brapa lama Anda harus melakukantransformasi. Resiko jika Anda terlalu lambat melakukan transformasiadalah mengalami kejenuhan (kehilangan momentum) dan tak dapatmelihat peluang.

Bisakah langsung lompat ke E? Bisa sajabeli franchise yang benar-benarmemiliki sistem yang sudah stabil atau rekrut orang-orang yangkompeten di bidangnya. Tentu saja semua itu ada harganya.

Sekali lagikuncinya ada di EGO dan KESOMBONGAN, termasuk jugaKETIDAKPERCAYAAN terhadap orang lain!

Teknisi banggabisa menyelesaikan masalah sendiri...
Manajer banggabisa menyelesaikan masalah melalui orang lain...
Entrepreneur banggamasalah selesai tanpa ia tahu ada masalah!
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar